Special Edisi Whatsapp Business untuk Pelaku Bisnis

 Image result for whatsapp business
Di halaman Whatsapp FAQ dijelaskan:
Akun Bisnis WhatsApp
Seperti yang telah diumumkan di blog kami, WhatsApp sedang mengeksplorasi cara-cara bagi Anda untuk berkomunikasi dengan para bisnis yang penting bagi Anda.
Saat ini kami sedang menguji coba WhatsApp Business, sebuah aplikasi baru untuk usaha kecil melalui program uji coba awal di Indonesia. Jika Anda memiliki usaha kecil dan tertarik untuk menguji coba WhatsApp Business, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di sini. Aplikasi ini hanya tersedia untuk diunduh di Indonesia pada saat ini
logo whatsapp business
Inovasi WhatsApp masih berlanjut. Layanan pesan instan ini mulai menebar yang namanya WhatsApp Business. Apa itu?
Sesuai namanya WhatsApp Business ditujukan untuk pengguna yang ingin memanfaatkan WhatsApp untuk kepentingan bisnisnya. Dalam artian, WhatsApp Business akan berperan sebagai penjawab untuk pertanyaan yang dilontarkan konsumen.
Bisa dibilang, WhatsApp Business akan menjadi platform customer service bagi bisnis.

Sejumlah kelebihan dibenamkan WhatsApp di versi bisnis ini yang tak akan ditemui di versi reguler. Yang pertama adalah, pengguna bisa mendaftarkan nomor telepon fixed line di aplikasi WhatsApp Business. Sementara di versi reguler hanya nomor mobile yang bisa digunakan.

Tapi WhatsApp tidak akan asal menerima nomor telepon fixed line yang didaftarkan. Nantinya akan dilakukan verifikasi, untuk memastikan kalau nomor yang didaftarkan merupakan milik bisnis terkait. Cara ini dilakukan untuk memastikan kalau satu nomor telepon mewakili bisnis tertentu. Sehingga tidak terjadi duplikasi nomor telepon bisnis.

Sebagai bukti verifikasi, WhatsApp Business akan menyematkan centang hijau di nama bisnis pengguna.

Dikutip dari beranda faq whatsapp business, Akun bisnis yang terverifikasi
WhatsApp sedang mengeksplorasi cara-cara bagi Anda untuk berkomunikasi dengan para bisnis yang penting bagi Anda.
WhatsApp telah memverifikasikan bahwa nomor telepon kontak ini milik bisnis. Lencana hijau  yang berada di samping nama kontak mengonfirmasikan bahwa akun ini merupakan akun bisnis yang terverifikasi.

Fitur WhatsApp Business
 
Kelebihan lainnya WhatsApp Business adalah pengguna bisa menjawab percakapan menggunakan fitur replies text. Seperti,

1. Pesan selamat datang
Mengatur pesan otomatis ketika kontak anda menghubungi anda pertama kali atau mereka yang sudah lama tidak menghubungi selama 14 hari atau lebih.
Dengan begitu setiap pesan yang maksud bisa langsung direspon.

2. Pesan Diluar Jam Kerja
Anda dapat mengatur jadwal jam kerja anda kapan pun, pada saat anda offline pesan diluar jam kerja dapat membalas otomatis kepada kontak yang menghubungi sesuai dengan pesan yang sudah anda setting. Pengguna bisa menjadwalkan replies text. Misalnya ketika ada konsumen yang mengirim pesan di luar jam operasional, replies text akan menjawab agar konsumen kembali menghubungi besoknya.

3. Statistik
WhatsApp Business juga menyodorkan semacam laporan statistik. Dari situ pengguna akan mendapat informasi berapa banyak pesan yang masuk, atau berapa banyak konsumen yang 'berkunjung' setiap harinya.

Saat ini status WhatsApp masih beta. Sementara hanya pengguna yang terdaftar sebagai beta tester yang bisa menjajalnya. Belum ketahuan kapan WhatsApp Business dirilis secara bebas.

O iya, sebagai pembeda logo WhatsApp Business mengunakan huruf B di tengahnya. Sedangkan di versi reguler, WhatsApp menyematkan ikon telepon.

Media lain juga menyebutkan, WhatsApp mengumumkan pengembangan aplikasi. Layanan pesan messaging milik Facebook itu mulai menyiapkan aplikasi mandiri bagi kalangan pengguna bisnis agar bisa berkomunikasi khusus dengan pelanggannya. 

Dalam keterangan di situsnya, WhatsApp juga menyatakan siap memverifikasi akun aplikasi pengguna dengan memberikan lencana hijau. Wujud verifikasi ini seperti checklist di Facebook maupun Twitter. Jika di dua media sosial tersebut, tanda verifikasi berwarna lencana biru, maka verifikasi pada WhatsApp akan berwarna hijau, sesuai warna khas WhatsApp. 

"Beberapa akun bisnis telah diverifikasi oleh WhatsApp. Jika Anda melihat sebuah lencana hijau di samping nama kontak, hal ini berarti WhatsApp telah mengonfirmasikan bahwa nomor telepon kontak ini milik akun bisnis," tulis WhatsApp dalam situsnya.

Dikutip dari Business Insider, Rabu 30 Agustus 2017, persiapan WhatsApp untuk verifikasi akun tercantum di website WhatsApp engan judul 'Verified Business Accounts'. Pada postingan tersebut, WhatsApp menjelaskan akan memberi tanda verifikasi lencana hijau ke pengguna yang telah terkonfirmasi nomor ponsel dan akunnya tersebut. 

"WhatsApp sedang menjajaki cara agar Anda bisa berkomunikasi dengan bisnis yang penting bagi Anda. Verifikasi bisnis saat ini terbatas pada sejumlah kecil entitas bisnis yang ikut dalam percontohan," tulis WhatsApp. 

Hanya Android
Sedangkan soal WhatsApp bakal merilis aplikasi terpisah untuk entitas bisnis muncul dari kode analisis yang disampaikan WABetaInfo, sebuah website yang terkenal punya informasi valid soal pengembangan WhatsApp. 

WABetaInfo menyebutkan, aplikasi WhatsApp untuk bisnis saat ini hanya mendukung pada platform Android saja. Bukti asli kode di WhatsApp menunjukkan entitas bisnis akan mampu memakai aplikasi baru untuk mengirimkan pesan otomatis ke pelanggan seperti halnya pada Facebook Messenger.

Informasi aplikasi mandiri bisnis ini dikuatkan dengan pembukaan lowongan pekerjaan di WhatsApp, untuk spesialis teknis UKM. Pada lowongan tersebut, posisi yang ditawarkan itu menyebutkan terkait dengan aplikasi bisnis Whatsapp untuk Android. 

Belum jelas apakah aplikasi mandiri untuk bisnis itu sudah tersedia atau belum.  Juru bicara WhatsApp menolak mengomentari kabar perusahaan akan memverifikasi akun pengguna dan rilis aplikasi mandiri untuk bisnis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Special Edisi Whatsapp Business untuk Pelaku Bisnis"

Post a Comment